Mengenal PostgreSQL

PostgreSQL adalah sebuah sistem basis data yang disebarluaskan secara bebas menurut Perjanjian lisensi BSD. Piranti lunak ini merupakan salah satu basis data yang paling banyak digunakan saat ini, selain MySQL dan Oracle. PostgreSQL menyediakan fitur yang berguna untuk replikasi basis data. Fitur-fitur yang disediakan PostgreSQL antara lain DB Mirror, PGPool, Slony, PGCluster, dan lain-lain.

PostgreSQL adalah sistem database yang kuat untuk urusan relasi, open source. Memiliki lebih dari 15 tahun pengembangan aktif dan sudah terbukti segala rancangan arsitekturnya telah mendapat reputasi tentang “kuat”, “handal”, “integritas data”, dan “akurasi data” .

Pengguna PostgreSQL

  1. Yahoo! untuk analisa prilaku pengguna web, menyimpan 2 petabyte data dan mengklaim sebagai gudang data terbesar. Menggunakan versi PostgreSQL yang dimodifikasi, dengan engine penyimpanan berbasis kolom yang sepenuhnya berbeda.
  2. MySpace, situs jejaring sosial populer, menggunakan basisdata Aster nCluster untuk gudang data, dibangun diatas PostgreSQL tanpa modifikasi.
  3. OpenStreetMap, proyek kolaboratif untuk menciptakan peta dunia yang bebas sunting.
  4. Afilias, register domain untuk .org, .info, dan sebagainya.
  5. Sony Online multiplayer online game.
  6. BASF, platform belanja untuk portal agribisnisnya.
  7. hi5.com portal jejaring sosial.
  8. Skype aplikasi VoIP, basisdata pusat bisnis.
  9. Sun xVM, perangkat lunak virtualisasi dan otomasi datacenter milik Sun.


PostgreSQL adalah tujuan umum dan sistem manajemen database relasional obyek, yang paling canggih sistem database open source. PostgreSQL dikembangkan berdasarkan POSTGRES 4.2 di Berkeley Komputer departemen Ilmu, University of California.

PostgreSQL dirancang untuk berjalan pada platform UNIX-Like. Namun PostGreSQL kemudian dirancang untuk menjadi portable sehingga dapat berjalan diberbagai platform seperti MacOS X, Solaris dan Windows.

PostGreSQL adalah perangkat lunak bebas dan sumber terbuka. Kode Sumbernya tersedia dibawah lisensi PostGreSQL, Lisensi open source terbuka dan bebas. Anda bebas untuk menggunakan, memodifikasi dan mendistribusikan postgreSQL dalam bentuk apapun.

PostgreSQL adalah sistem manajemen database pertama yang mengimplementasikan multi-versi-concurrency (MVCC) fitur kontrol, bahkan sebelum Oracle. Fitur MMVC dikenal sebagai isolasi snapshot di Oracle.PostgreSQL adalah obyek sistem manajemen database relasional tujuan umum. Hal ini memungkinkan Anda untuk menambahkan fungsi kustom dikembangkan dengan menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda seperti C / C + +, Java, dll

PostgreSQL dirancang untuk diperluas. Di PostgreSQL, Anda dapat menentukan jenis Anda sendiri data, jenis indeks, bahasa fungsional, dll Jika Anda tidak menyukai setiap bagian dari sistem, Anda selalu dapat mengembangkan custom plugin untuk meningkatkan itu untuk memenuhi kebutuhan Anda misalnya, menambahkan baru optimizer. Jika anda memerlukan dukungan apapun, komunitas yang aktif tersedia untuk membantu. Anda selalu dapat menemukan jawaban dari masyarakat PostgreSQL untuk masalah yang mungkin Anda miliki ketika bekerja dengan PostgreSQL. Banyak perusahaan menawarkan layanan dukungan komersial dalam kasus Anda perlu satu

PostGreSQL memiliki banyak fitur canggih yang ditawarkan oleh sistem manajemen database perusahaan lain, seperti :
1.User-defined types
2.Table inheritance
3.Sophisticated locking mechanism
4.Foreign key referential integrity
5.Views, rules, sub-select
6.Nested transactions (savepoints)
7.Multi-version concurrency control (MVCC)
8.Asynchronous replication

Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.